Cara share file antara Linux dan Windows komputer

Posted on

Cara share file antara Linux dan Windows komputer

Cara termudah dan paling bisa diandalkan untuk share file antara pc Linux dan Windows terhadap jaringan tempat lokal yang sama adalah dengan pakai protokol share file Samba. Semua versi modern Windows ditambah dengan Samba terinstal, dan Samba diinstal secara default terhadap beberapa besar distribusi Linux.
Membuat folder dengan di Windows

Pertama, Buat folder dengan terhadap mesin Windows Anda.

  1. Buka panel kontrol.
  2. Buka opsi jaringan dan berbagi.
  3. Buka Ubah setelan share lanjutan.
  4. Pilih Aktifkan penemuan jaringan dan Aktifkan share file dan cetak.

Sekarang, Buat folder baru untuk share atau memilih folder yang ada yang menghendaki Anda bagikan.

  1. Klik kanan folder dan memilih properti.
  2. Buka tab berbagi.
  3. Di atas berbagi… adalah nama jaringan share yang akan Anda buat. Seharusnya terlihat layaknya YOURCOMPUTERNAMEUsersYourUserNameShareFolderName. Catat nama jaringan ini untuk digunakan nanti terhadap mesin Linux Anda.
  4. Klik bagikan…

Mengakses folder dengan Windows dari Linux, pakai Konqueror

Banyak distro Linux pakai KDE desktop Environment dan Konqueror file manager/browser. Jika ini adalah apa yang Anda gunakan, Anda bisa ikuti cara tersebut untuk terhubung folder dengan Windows:

  1. Klik ikon menu K.
  2. Pilih Internet-> Konqueror.
  3. Di jendela Konqueror yang terbuka, klik tautan jaringan folder, atau ketik jarak jauh:/ di bilah alamat dan tekan Enter.
  4. Klik ikon Samba Shares.
  5. Klik ikon workgroup Windows Home Anda.
  6. Klik ikon kelompok kerja.
  7. Klik ikon untuk pc Anda.
  8. Ketika diminta, masukkan nama pengguna dan sandi untuk akun Windows yang dibikin berbagi.
  9. Klik OK.

Mengakses folder dengan Windows dari Linux, pakai Nautilus

Banyak distribusi Linux, terlebih yang pakai lingkungan desktop GNOME, pakai Pengelola Berkas Nautilus. Jika ini yang tengah Anda gunakan, Anda bisa ikuti cara tersebut untuk terhubung folder dengan Windows:

  1. Buka Nautilus.
  2. Dari file menu, memilih Sambungkan ke server…
  3. Dalam tipe layanan: kotak drop-down, memilih share Windows.
  4. Di bidang server:, masukkan nama pc Anda.
  5. Klik Hubungkan.

Alternatifnya, di address bar Nautilus, Anda bisa mengetikkan smb://ComputerName/ShareName dan tekan Enter. Misalnya, ketika Anda sebabkan share Windows Anda, terkecuali nama share terdaftar sebagai:

YOURCOMPUTERNAMEUsersYourUserNameShareFolderName

Ketik smb://YOURCOMPUTERNAME/Users/YourUserName/ShareFolderName dan tekan Enter. Catatan SMB: di awal, dan bahwa terhadap Linux Anda mesti pakai garis miring bukan garis miring terbalik.
Mengakses folder dengan Windows dari Linux, pakai baris perintah

Anda juga bisa terhubung share Windows dari baris perintah Linux pakai program smbclient.

    1. Buka terminal.
    2. Ketik smbclient terhadap prompt perintah.
    3. Jika Anda terima “penggunaan: ” pesan, ini bermakna smbclient terinstal, dan Anda bisa melompat ke cara berikutnya. Jika perintah tidak ditemukan, namun, Anda mesti menginstal smbclient. Ikuti cara tersebut untuk menginstalnya
      1.     Jika Anda pakai apt Package Manager, yang merupakan default terhadap sistem Linux layaknya Ubuntu atau Debian, Anda bisa pakai perintah sudo apt-get Instal smbclient.
      2.     Jika Anda pakai yum Package Manager, yang merupakan default terhadap sistem Linux layaknya CentOS, Anda bisa pakai sudo yum menginstal perintah Samba-client.
      3.     Anda juga bisa men-download klien Samba segera di www.samba.org/samba/download/yang bisa saja berfungsi bagi Anda terkecuali Anda mesti atau menghendaki mengkompilasi program dari kode sumber.
    4. Jika Anda pakai apt Package Manager, yang merupakan default terhadap sistem Linux layaknya Ubuntu atau Debian, Anda bisa pakai perintah sudo apt-get Instal smbclient.
    5. Jika Anda pakai yum Package Manager, yang merupakan default terhadap sistem Linux layaknya CentOS, Anda bisa pakai sudo yum menginstal perintah Samba-client.
    6. Anda juga bisa men-download klien Samba segera di www.samba.org/samba/download/yang bisa saja berfungsi bagi Anda terkecuali Anda mesti atau menghendaki mengkompilasi program dari kode sumber.
    7. Dengan smbclient terinstal, Anda bisa terhubung ke Windows Anda share pakai perintah smbclient/ComputerName/sharename-U username. Misalnya, terkecuali nama pengguna Windows Anda adalah Fred, dan nama jaringan share Windows adalah YOURCOMPUTERNAMEUsersYourUserNameShareFolderName, pakai perintah smbclient/Yourcomputername/Users/YourUserName/sharefoldername-U Fred. Perhatikan bahwa perintah Linux pakai garis miring daripada garis miring terbalik).
    8. Masukkan kata sandi Anda.
    9. Setelah dikonfirmasi, Anda di letakkan di SMB: > prompt.
    10. Di sini, Anda bisa pakai perintah LS untuk daftar file.
    11. Gunakan perintah Get filename. Ext untuk mentransfer file bernama filename. Ext dari Share Windows Anda ke mesin Linux Anda, misalnya.
    12. Ketik pemberian untuk daftar perintah lebih lanjut.
    13. Ketik Quit atau Exit untuk kembali ke command prompt.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *