Apa itu VLAN? Pengertian, fungsi, Kekurangan, kelebihan VLAN , dan contoh Vlan

Posted on

VLAN

VLAN ataupun singkatan dari Virtual lan adalah sebuah cara yang di pakai untuk membuat beberapa segmen jaringan yang berbeda  , tetapi dalam 1  fisik interface seperti ethernet , SFP , EOIP dan sebagainya yang support Vlan..
dan untuk vlan di 1 interface hanya dapat membuat sebanyak 4095 sengment jaringan saja. Alasannya karena 12 bit yang digunakan untuk VLAN di 802.1q, jadi Anda hanya dapat menggunakan VLAN dari 0-4095..
namun apakah bisa lewat Bandwitde test misal 1 interface vlan 100 Mbps di kali 4095 interface vlan dengan travik 100 Mbps. Jawabannya tidak , karena vlan ini adalah virtual dari interface itu, jadi maksimal bandwide yg bisa lewat dari vlan adalah sesua dari specsifikasi interface yang di gunakan. itu lah fungsi vlan kita menjadi seakan- akan memiliki banyak interface tambahan , tapi secara unit tidak ada, namun secara fungsi ada.

Kelebihan Vlan

Kelebihan nya adalah untuk mengisolir/memisahkan/mengelompokan sebuah network.
Contohnya seperti topologi di bawah ini

pada topologi diatas terdaapat sebuah ruangan yang memiliki banyak perangkat jaringan, namun kita tidak memiliki banyak interface untuk menagemend, dan ingin masing-masing perangkat tidak saling terhubung.
dengan memakai VLan , vlan mampu membuat kebutuhan yang kita ingainkan seperti gambar di atas..


Kekurangan VLAN
1.Jika Interface bermasalah , maka semua VLAN yang terhubung ke interface tersebut akan bermasalah juga.
2.ketika terjadi Broadcast , Maka VLAN juga akan terkena Dampaknya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *